Sejarah Piala Dunia Fifa World Cup – BANDARLIGA.ORG

Agen Piala Dunia 2018 – Di seluruh cabang olahraga agaknya tidak ada satu pun kejuaraan yang mampu menandingi gemerlap dan meriahnya ajang Piala Dunia FIFA. Sejak pertama kali digelar pada tahun 1930, kejuaraan nomor satu dari FIFA ini terus berkembang dan mencapai popularitas dan prestise yang tinggi.

Sejarah Piala Dunia dimulai ketika sekelompok pengurus sepakbola di negara Prancis yang dipimpin oleh Jules Rimet mengemukakan sebuah gagasan untuk mempertandingkan cabang olahraga antar negara sehingga didapatkan sebuah negara yang benar-benar kuat di dunia. Negara yang menjadi juara akan mendapatkan sebuah trophy dan mendapatkan gelar sebagai juara dunia.

Hal tersebut dikemukakan dalam rapat pengurus FIFA pada tahun 1920 dan mendapatkan respons yang positif. Untuk mewujudkan hal tersebut dibuatlah sebuah trophy dari emas asli yang dinamakan Piala Jules Rimet. Sepuluh tahun kemudian, turnamen sepakbola pertama antara negara-negara di dunia di pentaskan di Uruguay yang terpilih menjadi tuan rumahnya.

Piala Dunia dengan trophy Jules Rimet ini di pertandingkan tiga kali hingga Perang Dunia kedua mengakhiri untuk sementara kejuaraan tertinggi sepakbola ini.

Usai berakhirnya Perang Dunia, Piala Dunia FIFA dilanjutkan dan semenjak itu status dan popularitasnya dengan cepat menanjak dan menjadi olahraga tunggal yang terbesar di dunia modern.

Pada tahun 1958 FIFA memutuskan untuk memilih tuan rumah secara bergantian antara Eropa dan Amerika hingga kemudian pada tahun 1996 Komite Eksekutif FIFA memutuskan untuk memilih Korea Selatan dan Jepang sebagai tuan rumah Asia untuk pertama kalinya sepanjang sejarah.

Sejak tahun 1930, Piala Dunia telah berlangsung selama 16 kali dan hanya menampilkan tujuh negara saja sebagai pemenangnya. Berbagai kejadian heroik, drama dan kejadian luar biasa lainnya telah turut menjadikan ajang ini sebagai turnamen yang paling di tunggu oleh seluruh penggemar sepakbola di seluruh dunia seperti ketika Amerika Serikat mengalahkan Inggris pada tahun 1950, Italia dikalahkan oleh Korea Utara pada tahun 1966, kemunculan Kamerun pada tahun 1980-an serta tentu saja kekalahan Argentina sebagai juara bertahan Piala Dunia atas Kamerun di Italia.

Hari ini, Piala Dunia FIFA telah menjadi ajang olahraga yang paling ditunggu. Pada Piala Dunia 1998 di Prancis jumlah penonton pertandingan ini mencapai total 37 Miliar termasuk sekitar 1,3 Miliar penonton di seluruh dunia hanya untuk satu partai final Piala Dunia. Sementara lebih dari sekitar 2,7 juta orang berkumpul untuk menyaksikan 64 pertandingan secara langsung di stadion-stadion Prancis.

Selama bertahun-tahun Piala Dunia memang telah menghasilkan banyak perubahan namun bagaimana pun fokus utama tetaplah sama pada trophy emas berkilauan yang menjadi ambisi utama setiap pesepakbola di seluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *